Indonesian Marketing in Bite Size

ABOUT

Hai, saya Muti.

Sebagai praktisi dan marketing enthusiast, saya selalu kesulitan menemukan artikel, literatur, study case atau insight apapun terkait strategi marketing di Indonesia.

Sebaliknya, sangat mudah mendapatkan pembelajaran seperti ini dari brand- brand terbesar di dunia seperti Apple, Pixart, Intel, Disney dan lainnya. Google search singkat atau sekali kunjungan ke toko buku impor akan menghasilkan segenggam informasi lengkap dengan data, analisa, hasil research dan wawancara, slideshare, bahkan video dan infografik.

Masalahnya, saya percaya bahwa Marketing adalah bahasan yang sangat kontekstual. Setiap strategi marketing yang diambil oleh sebuah brand, tidak mungkin lepas dari pertimbangan kondisi ekonomi, trend pasar, suasana kompetisi, bahkan iklim sosial dan politik pada sebuah periode waktu dan cakupan geografi tertentu.

Artinya, strategi brand internasional mungkin bisa kita pelajari sebagai inspirasi. Tapi, kita tetap perlu referensi dari tetangga sebelah untuk komparasi yang lebih dekat.

Blog ini adalah kumpulan analisa saya mengenai berbagai aktivitas marketing yang terjadi di Indonesia. Mulai dari ibu-ibu jualan gamis di arisan RT, strategi market expansion perusahaan FMCG, hingga Pemilihan Presiden. Untuk saya, marketing sesungguhnya hadir di semua kegiatan transaksional.

Saya persembahkan platform ini untuk sesama marketing enthusiast di luar sana. Semoga bisa memperkaya referensi kita bersama dan semakin mendewasakan lini marketing di Indonesia.

Karena marketing bukan hanya tentang mbak- mbak berseragam rok mini yang membagikan brosur di pinggir jalan.

 

CONTACTS

Mutiarini

Marketing practitioner, small business owner and content creator.

Linked In: Mutia Rini

For business inquiries, please contact halo@markechic.id